Lebih Dekat dengan RSTKA UNAIR, Wakili Kemendikbud Ristek Raih Penghargaan dari Menpan RB

30 Dec 2022

UNAIR NEWS – Rangkaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah usai. Hal ini ditandai dengan telah diumumkannya Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022.

Inovasi Adventure Remote Medicine of Airlangga and Alumni (ARMAdA) yang diwujudkan dalam Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) berhasil meraih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji pada KIPP. Pemberian penghargaan berlangsung pada Selasa (6/12/2022) di Hotel Bidakara, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

RSTKA merupakan inovasi pelayanan kesehatan yang dibentuk atas keprihatinan dr Agus Hariyanto SpB yang merupakan dokter lulusan UNAIR terhadap minimnya akses pelayanan kesehatan pada masyarakat pesisir dan perbatasan.

Mengusung konsep Adventure and Remote Medicine, pemberian pelayanan kesehatan dilakukan dengan menggunakan kapal pinisi yang berlayar menuju pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Dalam menjalankan pelayanan, dokter dan tenaga kesehatan mengabdikan diri mengarungi samudera demi memastikan masyarakat pelosok mendapatkan pelayanan kesehatan. Kapal yang disulap menjadi rumah sakit terapung itulah yang membawa ribuan nyawa terselamatkan di atas meja operasi, termasuk bayi ke-60 yang lahir pada Juni 2022 silam.

Hadirnya RSTKA seolah menjadi oase bagi daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) di Indonesia. Sejak beroperasi pada tahun 2017, RSTKA tercatat telah mengunjungi lebih dari 60 pulau terpencil, dan menangani lebih dari 20.000 kasus bedah dan kesehatan dasar lainnya.

Selain melakukan perawatan pasien, RSTKA juga giat melakukan upaya pemerataan kesehatan, utamanya pada bidang sanitasi dan kebersihan kepada masyarakat kepulauan terpencil.

Rektor UNAIR Prof Nasih menyebutkan bahwa inovasi ARMAdA sejalan dengan harapan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara lebih berdampak.

“Harapan ini terwujud melalui RSTKA yang impact-nya luar biasa dalam menangani ribuan pasien, termasuk kelahiran dan kasus sulit yang membutuhkan penanganan medis di daerah terpencil,” sebutnya.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR itu menyebut, inovasi sederhana yang dimulai dari menyulap kapal pinisi menjadi rumah sakit terapung, justru dapat memberikan dampak yang luar biasa. Di antaranya menyelamatkan kelahiran, membantu vaksinasi, sosialisasi, dan melakukan beberapa riset.

“Dari sini kita sesungguhnya paham, bahwa inovasi sederhana di Indonesia seperti RSTKA (Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, Red) mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat,” ucapnya. (*)

Penulis: Stefanny Elly

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber: https://unair.ac.id/lebih-dekat-dengan-rstka-unair-wakili-kemendikbud-ristek-raih-penghargaan-dari-menpan-rb/

Copyright © Universitas Airlangga